Kamis, 23 Juli 2015

PUYANG SERIMBE SAKTI MENDINGIN ULU OGAN (AJI SEREMBE)

PUYANG SERIMBE SAKTI

Photo diatas Merupakan Tempat Makam Makam Puyang Puyang Warga Desa Mendingin
Terletak di Muare Ogan (Muara Ogan, Ulu Tanjung Pinang, Desa Mendingin, Kec.Ulu Ogan


Nama Asli Beliau yaitu Aji Serimba Baghdad. dan sering juga dipanggil puyang hang Mendingin ( Puyang Orang Mendingin ).
yang berkemungklin besar merupakan prajurit atau panglima perang dari kerajaan Majapahit yang Melarikan diri dari pertempuran hebat di Jawa kemudian mendiami Desa Mendingin, Kecamatan Ulu Ogan . disisi lain beliau merupakan keturunan dari Sekala Brak ( Komering )  Karena dia orang yang bisa dikatakan sesepuh orang mendingin sehingga Beliau Disebut sebut sebagai Nenek Moyang Masyarakat Warga Desa Mendingin Asli.

Menurut Beberapa Sumber masyarakat desa mendingin Puyang Serimba Sakti Mempunyai Kesaktian Yaitu AJIAN SETAPAK MIRING ( Dapat Pergi Dari Palembang Ke Mendingin Dalam Sekejap Mata ) alias dapat Menghilang. Karomah lain yang terdapat dalam diri beliau yaitu dapat pergi menunaikan ibadah haji hanya dengan menunggangi sebuah tombak (kujur dalam bahasa ogan) , Dan Puyang Serimba Sakti Juga Disebut Pernah Membantu Perperangan Di Tanah Timur Indonesia .

Makam Puyang Serimba Sakti kini terletak di MuareOgan Tanjung Pinang (Tempat Pemakaman Penduduk Setempat )  Sebelah Hilir dari desa Mendingin bisa di tempuh Dengan Menyusuri dan Menyebrang Sungai Ogan. Didalam Pekuburan Puyang Serimba Sakti juga terdapat makam puyang puyang yang bernisankan batu yang besar-besar. Keunikan dari Makam Puyang Hang Mendingin ini yaitu Didepan Makam Beliau Terdapat Jajaran Nisan Batu yang berdiri tegak , dan konon katanya apabila ia Keturunan Asli Puyang Serimba sakti , Maka dia dapat memeluk batu tersebut sampai jari bertemu jari (dalam kata lain apabila tangan anda bertemu saat memeluk batu tersebut) insya allah Cita-citanya kelak atas seizin allah melalui karomah beliau dapat terkabulkan .

Dan yang Tak kalah unik lagi yaitu tentang Makam Beliau sendiri yaitu Dimakam Beliau terdapat Telapak kaki beliau yg Menandakan Bahwa ialah yang pertama kali mengijak tanah Mendingin dan Ulu ogan umumnya , Batu Yang bergambarkan telapak kaki beliau tergambar dia atas batu nisan beliau yang mana bila ingin melihat jelas gambar tersebut harus membasahi kain kemudian mengelap batu bergambarkan batu nisan tersebut agar gambar telapak kaki beliau terlihat jelas. tak hanya itu beliau juga mempunyai peninggalain berupa Pakaian dan Mahkota yang terbuat dari besi , dan pula mempunyai peliharaan naga yang kini masih misterius keberadaannya di hulu desa mendingin (tanjung pinang)
Makam Puyang serimba sakti Menurut Penduduk Desa Mendingin Hanyalah sebuah petilasan yang dimana Jasad dari puyang serimba sakti tidak diketahui dimana Letak Pastinya Jasad beliau dimakamkan.

Sempatkan diri Anda Apabila Untuk Berziarah Kemakam Puyang Serimbe Sakti Apabila Anda Mengunjungi Desa Mendingin Ulu Ogan , Tidak Dipungut Biaya Apapun.
Jangan Pula Meminta Pada Makam Tersebut Tapi niatkan Karena Allah Swt. Semata.

dan berikut silsilah dari puyang aji serimbe ini



Cerita Ini Diperoleh Dari Sepengetahuan Saya Yang Saya Dapat dari Beberapa Tokoh Masyarakat dan Penduduk Desa Mendingin.
Mohon Untuk Koreksinya Apabila Dalam Blog Ini terdapat kekeliruan .

30 komentar:

  1. Saya sangat kagum...akan diri anda ..masih muda tapi sangat ingin mengetahui sejarah nenek moyang anda...sedikt saya tanyakan kepada anda....mana dulu (dusun mana) yg paling tua diantara ke 6 dusun di ulu ogan itu....mendingin,kelumpang,gn tiga,dataran dll....trims...ya bro....salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga bro..
      terima kasih sudah menyempatkan membaca artikel saya

      Hapus
  2. Terima Kasih Sebelumnya , desa yang tertua dari ke 6 desa di ulu ogan yaitu , mendingin , belandang serta kelumpang yang mana ketiga desa tersebut letaknya bukan bertempat / yang didiami masyarakat sekarang,

    adapun mendingin dahulunya bernama kuteagung , kelumpang dahulunya bernama tanjung aukh , dan belandang sendiri tak berubah sama sekali , jauh dari zaman penjajahan ketiga desa tsb usinyanya bisa dikatan lebih tua dari desa desa selain itu.

    BalasHapus
  3. Salam kenal buat Adeng di Ulu Ogan.
    Mudah2 dengan adenye minak adeng dalami zuriat ngan sejarah jeme dihi. Pacak jage terus warisan budaye luhur ndai jeme kite dulu. Oiye, amen ade waktu pacaklah kite saling silaturahmi. Aku uhang Baturaje yang kini di rantau. Kebetulan hobiku bejalan wan nulis sejarah tentang dusun kite.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal Juge kang , same kite , aku jeme baturaje pule , asli ulu ogan , au kebile bile amen ade waktu pacak kite silaturahmi kang, au amun kamu hobi pule nulis sejarah tentang dusun kite payulah kang jadi mintak sejarah yang kamu pacak tu ye bagi kian ke emailku : @edomse3@gmail.com , pacak kite saling bagi pengetahuan . . . mmekaseh sebelumnye lah mbace artikelkuni kang , salam jeme kite dirantau sane sehat gale kian , . .

      Hapus
    2. Mantap. Saya termasuk di keturunan Patih Jentire.Nama Malisrin bergabung di Pasukan elite Indonesia. KOPASSUS

      Hapus
    3. mekaseh kang , mantap kopassus hang ugan :D salam jeme lugan . .

      Hapus
  4. Silsilah ini kayakny dapet dari unggang kami

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Salam kenal kang, saya lahir di Palembang, orang tua lahir di Desa Tangsi Lontar, dan puyang saya asli dari desa Mendingin Ulu Ugan, saya termasuk dari keturunan Puyang Lambang, mudah2an silsilah keturunan Puyang2 Mendingin bisa di teruskan oleh anak cucunya...Aammin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngan anak siape?
      Di tangsi bang Mane khumah Ngan?
      Mun aku anak Anwar bin H.Ahmad Dinnah bin H. Geruddin bin Lamun bin Lambang

      Hapus
    2. Koreksi bukan lamun tapi LANUN, salam kenal aku dr keturunan habsah binti amim bin Lanjan bin Lambang

      Hapus
    3. Aku anak Emilian Sugari bin M.Zubir bin H.Geruddin bin Lanun bin Lambang

      Hapus
    4. Jadi Ngan guguk H Burning tangsi ye

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Huma unggang ku kulak huma mang kob

      Hapus
  7. Aku jme baturaje jdi puyang ku ni siape ye ade yg tau dakde kang, mang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wilayah kota Baturaje banyak Puyang. Ade Puyang bukit pelawi Ade Puyang panjang pusakh dll. Jd agak susah memberikan info dr sanad Puyang Mane Ngan ni di Baturaje tu.

      Hapus
  8. Assalamualaikum
    Aku dr m enim
    Dr silsilah kelumpang dipucuk tebace puyang raje ngekap dan kebawahnye teputus. Pacak dijelaskan tentang puyang raje ngekap tu

    BalasHapus
  9. Mohon saudaraku kasi kami cerita saudara puyang didesa kami tanjung miring ogan ilir.ada puyang jeparun sakti.skalabrak.

    BalasHapus
  10. Amun kami ni keturunan ndai Rasun.anak kedue dari cetang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti Ngan keturunan dari sanad Puyang Ajie Serimbe Sakti bagdad dusun mendingin uluogan same dengan aku.

      Hapus
  11. Salam kenal kance kance aq asli nye dr ulu Ogan Ulak lebar ini ter masuk pulang Ape ye

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dusun ulak libar Ade Puyang Nye dewek. Nak aku Lum tau persis name Puyang ne siape.

      Hapus